Minggu, 27 November 2011

Tahun Baru Hijriyah Di Makam Sultan Thaha Sukses

Angkat Tema Dzikir,
Pikir, dan Amal Sholeh
Sekelompok Mahasiswa yang tergabung dalam salah satu organisasi besar di Indonesia, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), khususnya Cabang Tebo. Dengan semangat islam dan nasionalisme, serta pergerakannya sebagai organisasi kaderisasi terus melakukan berbagai kegiatan positif dalam mewarnai setiap langkah mereka. Moment tahun baru Hijriyah pun tidak luput dari orientasi organisasi tersebut.



Tepatnya di Makam Sultan Thaha pada Sabtu (26/11) hingga Minggu Pagi (27/11) mahasiswa yang terdiri dari pengurus cabang dan anggota baru tahun 2011 menggelar kegiatan perayaan satu Muharram dengan beraneka macam kegiatan yang dilakukan secara estafet. Mulai dari Nonton Bareng Gerakan Mahasiswa, Diskusi PMII hari ini, dan dilanjutkan dengan ceramah agama serta dzikir yang dipimpin oleh Ustad Marzuki.

“Alhamdulillah meskipun hujan dan sempat basah kuyup  kegiatan yang kita lakukan pertama kali dalam menyambut dan merayakan Tahun Baru Hijriyah di Makam Pahlawan ini berjalan lancar, dan telah berlangsung sesuai dengan yang di inginkan,” ujar Ketua Umum PC PMII Tebo, Ishak didampingi para Anggotanya kemarin (27/11) pagi.

Lebih jauh dijelaskan Ishak, kegiatan yang dilakukan tersbeut awalnya sempat terhambat oleh guyuran hujan yang deras sejak siang Sabtu lalu. Namun meskipun demikian para mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah, mulai dari Kecamatan Tebo Ilir, Tengah Ilir, Tebo Ulu,  Sumay dan Tebo Tengah. Tetap semangat dan tetap hadir walau basah kuyup.

“Usai Maghrib, pada pukul 21.00 kita mulai kegiatan dengan nonton bareng video aksi mahasiswa  di indonesia. dari nonton bareng tersbeut kita tekankan kepada para Sahabat-sahabati untuk dapat memetik dan memahami setiap kejadian yang ditayangkan. Usai nonton barulah kita gelar diskusi yang mengangkat tema bahwa mahasiswa itu adalah agen of change, agen perubahah sekaligus kontrol social yang intelektual. Untuk itu hendaknya keberadaan mahasiswa haus bisa memberikan kontribusi terhadap pembangunan di daerahnya,” ujarnya.

Setelah melewati diskusi yang cukup dalam menyibak pisau analisa mahasiswa tersebut. Akhirnya pada pukul 23.00 dilanjutkan dengan rangakaian kegiatan Ceramah atau Siraman Rohani yang bertemakan Dzikir, Pikir, dan Amal Sholeh. Kemudian di tuntaskan dengan surah Yasin dan tahlil serta Dzikir di Makam Pahlawan Jambi, Sultan Thaha Muara Tebo.

“Usai melakukan tahlilan, kita beralih kepada ramah tamah. Dan pada jam 02.00 hingga subuh kita gelar lagi rapat kerja anggota baru. Dimana dalam forum tersbeut mereka telah menyusun berbagai kegiatan untuk pada bulan mendatang,” terangnya.

Dikatakan  panitia, bahwa rangakain pembacaan surah yasin dan tahlil tersebut juga dilakukan untuk mendoakan para anggota PMII atau Kerabat dari Sahabat PC PMII Tebo yang telah wafat. Dimana pada malam itu salah satu Anggota, Kholik mendapat kemalangan. Dimana pamannya yang berdomisili di Teluk  Langkap meninggal dunia.

Sementara itu, Ishak juga mengatakan bahwa kegiatan peringatan satu muharram ini sengaja dilakukan di tempat yang terbuka. Sebab pada tahun –tahun sebelumnya PC PMII Tebo sudah sering melakukan kegiatan Ceramah Tahun Baru Hijriyah didalam Masjid. Selain itu dipilhnya Makam Sultan Thaha sebagai tempat kegiatan yaitu bertujua agar para mahasiswa dapat mengenal lebih dekat dan dapat terinspirasi untuk lebih semangat berjuang dalam mempertahankan nilai-nilai keislaman dan kemerdekaan Indonesia.

“Dengan digelarnya kegiatan ini DI Makam Pahlawan kita, hednaknya nanti setelah pulang para mahasiswa dapat mengenal Pahlawan Kita Sultan Thaha lebih dekat dari setiap perjuangannya. Dismaping itu kita juga berharap denga kegiatan yang ditempatkan disini agar dapat memberikan inspirasi semangat pejuang dari dalam diri para sahabat-sahabati kita ini,”pungkasnya.(*)

0 komentar: